KERIS Gelombang Cinta
P U S A T I N F O R M A S I K O M P A S
Palmerah Selatan 26 - 28 Jakarta 10270
Telp. 5347710, 5347720, 5347730, 5302200 Fax. 5347743
===========================================
KOMPAS, Jumat, 08-08-2008. Halaman: 44
"Klangenan"
KERIS GELOMBANG CINTA
Oleh Jimmy S Harianto
Keris berbentuk daun anturium? Ya, Gelombang Cinta. Mumpung sedang ngetren orang menanam tumbuhan yang diburu keunikan bentuk daunnya ini, Ki Sukamdi pun membuat keris Gelombang Cinta.
Sebenarnya Ki Sukamdi -seorang pembuat keris yang tinggal di Desa Jetis, Banyuagung, Nusukan Solo- mula pertama punya inisiatif membuat keris ber"dapur" (dapur-istilah khas kalangan perkerisan untuk menyebut bentuk atau model keris) "Gelombang Cinta" karena kejengkelan.
Sekitar setahun silam, Sukamdi mengaku ikut-ikutan tergerak membeli dua pot tanaman anturium dari jenis gelombang cinta yang sudah bertongkol, seharga Rp 12 juta. Seperti halnya orang lain di berbagai kota di Jawa belakangan ini, Sukamdi terbuai mimpi: "tanaman ini laku jutaan, apalagi jika tongkolnya sudah menghasilkan ribuan anak-tanaman, bisa menghasilkan uang.."
"Enggak tahunya, seminggu setelah saya membeli, 'gelombang cinta' sudah tidak musim lagi. Sudah terlalu banyak orang yang memilikinya. Dikasihkan orang pun tak banyak yang mau ambil," ujar Ki Sukamdi. Perasaan "kejeglong" (terperosok, Jawa) ini ternyata justru membuahkan kreativitas kepada Ki Sukamdi yang di kalangan para penggemar keris di Jawa sudah dikenal luas namanya karena garapan bilah kerisnya indah.
Sukamdi pun kemudian membentuk keris -di bengkel keris sederhana di halaman depan rumahnya (tak selengkap "besalen" atau tempat empu membuat keris dengan tungku pijar dan arang kayu jati). Sebuah keris, yang meniru bentuk daun anturium gelombang cinta, lengkap dengan bentuk tulang-tulang daun serta lekuk-lekuk pinggir daunnya. Hanya saja, detail di bawah pangkal daun dibuat benar-benar detail pangkal keris, lengkap dengan gelung yang disebut sebagai "sekar kacang" maupun "ganja" (dasar bilah, yang biasanya dibuat terpisah dari bilah)-nya.
Dalam waktu singkat, keris Gelombang Cinta Ki Sukamdi pun "disambar" orang. Setidaknya sudah tiga keris Gelombang Cinta-yang sungguh-sungguh berkualitas garap keris -"terbang" ke tangan kolektor. Harganya? Berkali lipat jika dibandingkan dengan jumlah uang yang ia keluarkan untuk membeli dua pot gelombang cinta -yang akhirnya malah hanya ia onggokkan di halaman depannya, tanpa takut dicuri orang. "Tanaman (gelombang cinta) sudah menghasilkan ribuan tumbuhan, tapi tidak ada yang laku, hanya saya bagi-bagikan cuma-cuma kepada tetangga," ujar Ki Sukamdi.
Geram korupsi
Tak hanya demam anturium yang menggerakkan Ki Sukamdi mencipta "dapur" baru keris-keris buatannya. Belakangan ia kini juga tengah menggarap sebuah mata tombak yang nantinya ia akan sebut sebagai "Kiai Kopek". (Jangan disalahmengertikan dengan keris pusaka Keraton Yogyakarta, yang berjulukan Kanjeng Kiai Kopek). Akan tetapi, menurut Ki Sukamdi, Kiai Kopek bikinannya adalah kepanjangan dari "Komisi Pemberantasan Korupsi".
Bentuknya? "Wah, bisa-bisa penguasa nanti marah. Soalnya, selain lambang partai di ujung tombak, di bawah lambang ada tikusnya.," kata Ki Sukamdi. Benar, menurut gambar sketsanya, lambang partai itu "dijunjung" dua tikus kembar dalam posisi bertolak-belakang, tetapi anehnya buntut tikus itu jadi satu (cuma satu).
Ki Sukamdi geram, ternyata saat ini para koruptor -yang dilambangkan dengan tikus itu- saling berkait satu-sama lain. Andai tikus yang satu ditarik, tikus kembarannya akan ikut tertarik pula lantaran ekornya hanya satu. Jadi, tikus koruptor itu harus selalu berjalan bareng. Salah-salah bisa adu tarik-menarik buntut, jika berniat jalan sendiri-sendiri. Kasihan tikus koruptor itu..
Jika dulu masyarakat Jawa banyak memaknai hidup mereka dalam berbagai simbol-termasuk dalam mewujudkan karya-karya seni tradisi, di antaranya keris, Jawa masa kini -setidaknya Ki Sukamdi- juga perlu mengekspresikan keseharian, kenyataan yang dialami dan dilihat, dalam bentuk simbol-simbol baru.
"Saya pun yakin, dulu leluhur kita membikin keris berdapur Nagasasra (keris berlekuk, dengan bentuk naga bermahkota di bilahnya) juga mempunyai maksud sesuai zamannya," kata Ki Sukamdi. Kenapa keris "naga" atau "singa barong", tentu bukan hanya simbol tanpa makna. Bukan hanya sekali dua kali ini Ki Sukamdi menciptakan "dapur baru" kerisnya.
Sebelum ini, di kalangan perkerisan di Jawa, Ki Sukamdi juga pernah dikenal menciptakan dapur(model) keris Peksi Dewata. Ia memodifikasi bentuk keris lama Majapahitan, Megantara (keris kombinasi lekuk dan lurus-luk (lekuk) tujuh, tetapi ujungnya lurus) dengan imbuhan dua burung (peksi) berjambul, berparuh indah di ujung "gandhik" (bagian depan pangkal bilah), serta di belakang "wadidang" (bagian belakang pangkal bilah).
Atau, baru-baru ini ia juga membuat "dapur kamardikan", berupa keris bermata dua, tetapi hanya satu pangkal bilah. Yang satu mata keris lurus (melambangkan angka satu), yang satu bilahnya lagi berlekuk tujuh. "Tujuh belas Agustus, Kamardikan," ujar Ki Sukamdi. (Keris ini dipamerkan dalam kesempatan Pameran Keris Kamardikan di Bentara Budaya 12-16 Agustus 2008).
Meski bentuknya aneh dan baru, keris bermata dua bernama Keris Kamardikan ciptaan Ki Sukamdi itu tetap memakai sarung keris normal, jenis warangka "sandang walikat" (warangka informal, bukan jenis resmi ladrang dan bukan pula bentuk sehari-hari gayaman).
Pamor "poleng"
Keris memang merupakan salah satu bentuk seni kriya, tradisi di Nusantara. Akan tetapi, dalam perjalanan tradisi itu bukan tanpa disertai kemunculan hal-hal yang baru. Pada tahun 1980-an, misalnya. Pembuat keris lainnya dari Solo, Empu Pauzan Pusposukadgo, juga pernah melakukan hal baru yang memancing perhatian kalangan perkerisan pada masa itu.
Empu yang mengaku "otodidak" (ia berhenti dari profesinya pengemudi bus malam, bus antar kota dan kemudian menekuni profesi sebagai pembuat keris, meski kini ia sudah pensiun bikin keris) yang tinggal di Yosoroto, Solo, ini pernah membuat "pamor baru", yang dinamai pamor "poleng wengkon". Pamor adalah guratan motif yang muncul di bilah, akibat lipatan besi yang berbeda, biasanya logam putih dan hitam.
Tentunya tak mudah bagi empu yang mendapat gelar resmi dari keraton Surakarta ini untuk mewujudkan guratan-guratan pamor dalam tempaan bilah, yang terdiri atas garis vertikal dan horizontal.
"Pamor (poleng wengkon) itu didesain seorang pelaut Jerman yang mencintai keris Indonesia, Dietrich Drescher, dan saya diminta membikinnya," kata Pauzan, yang pernah mendapat jabatan dari mendiang Raja Paku Buwono XII sebagai "mantri pande" (menteri pandai keris) Keraton Surakarta ini pula. Oleh sesepuh perkerisan Keraton Surakarta, KRT Hardjonagoro (kini Panembahan) waktu itu, karya empu Pauzan berupa keris berdapur "betok-gumbeng" (keris lurus, berbilah lebar) dengan pamor "poleng wengkon" itu diserahkan kepada ketua panitia pembangunan kembali Keraton Solo yang terbakar, Menko Surono, waktu itu. Keris itu kemudian diberi nama Kiai Surengkaryo....
Setidaknya Empu Pauzan sudah mengerjakan tujuh pesanan keris dengan pamor "poleng" seperti itu, di antaranya dipesan oleh seorang warga Amerika Serikat, William Koh. Juga tentunya sejumlah kolektor dari Jakarta .
Pauzan juga pernah menciptakan pamor (guratan-guratan di bilah, hasil dari lipatan tempa dari jenis logam berbeda, sehingga menghasilkan guratan motif-motif indah) yang ia namakan "pamor kalpataru". "Saya memang mencoba meniru gurat-gurat pohon kalpataru," kata Pauzan, yang dijumpai di rumahnya pada Selasa lalu.
Pauzan kini memang tidak memproduksi keris lagi. Ia mengaku ikut "lengser" dari membuat keris setelah "lengsernya" penguasa Orde Baru, Soeharto, menjelang tahun 2000. Maksud Pauzan, setelah Soeharto lengser, pesanan-pesanan dari para pejabat pun surut, maka ekonomi rumah tangganya pun ikut berhenti.
"Apalagi, sekarang sudah banyak pembuat keris muda, ada Subandi (Empu Subandi Supaningrat), Yanto, Yantono, Daliman, dan lain-lain. Di samping pula, tempaan pembuat-pembuat keris di Madura kini semakin maju pesat," ujar Pauzan, yang kini pilih menekuni jualan barang-barang antik di kawasan Pasar Triwindu, Pasar Pon, Solo. Sempat mati suri
Setelah sempat mengalami "mati suri" semenjak zaman pendudukan Jepang, dunia pembuatan keris-sebuah tradisi asli negeri ini-belakangan ini kembali bangkit. Berbagai kalangan anak muda, mahasiswa seni rupa di Institut Seni Indonesia (ISI) di Surakarta, mulai menekuni seni pembuatan keris.
Di Solo, saat ini setidaknya terdapat empat besalen (tempat pembuatan keris, lengkap dengan tungku perapian untuk tempa). Selain di Kampus ISI di Kenthingan, juga ada besalen-besalen pribadi milik empu-empu muda, semacam KRT Subandi Supaningrat, Yanto, dan Yantono. Selain mengerjakan keris-keris untuk pesanan lokal, mereka juga sesekali melayani pesanan dari mancanegara (Australia, Belanda, dan Amerika).
Meningkatnya minat terhadap pembikinan keris ini terutama terpacu setelah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) memproklamasikan pernyataan bahwa keris merupakan "warisan budaya lisan dan tak benda karya kemanusiaan dari Indonesia" (oral and intangible heritage of humanity).
Keris, seperti halnya teater tradisional Jepang Kabuki dan musik terkenal asal Brasil Samba, diakui dunia sebagai mahakarya warisan kemanusiaan yang sampai kini masih hidup dan dihayati di Indonesia. UNESCO mengumumkan pengakuannya ini di markasnya di Paris, Perancis, 25 November 2005.
"Tradisi keris masih berlanjut di Indonesia. Berbeda dengan budaya samurai di Jepang, yang kini sebenarnya sudah mati," kata Direktur Jenderal UNESCO Koichiro Matsuura dalam jumpa pers dengan wartawan-wartawan Indonesia di Jakarta akhir Desember 2005. Selain dinilai masih berakar dari tradisi budaya dan sejarah masyarakat Indonesia, keris sampai saat ini memang masih berperan sebagai jati diri bangsa, sumber inspirasi budaya, dan masih menduduki posisi peran sosial di negeri ini. (Dua tahun sebelum itu, tahun 2003, UNESCO juga memproklamasikan wayang sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia).
Meski demikian, dunia perkerisan (pembikinan keris) di Indonesia sempat mengalami masa "mati suri". Budaya masih berlanjut, tetapi tiada empu pembuat keris yang melakukan kegiatan tradisi nenek moyang itu. Praktis mati, semenjak pendudukan Jepang tahun 1942 sampai sekitar tahun 1975.
Sekitar tahun 1975 itu, Dietrich Drescher -yang mencintai keris- mendorong semangat Ki Yosopangarso di Godean, Yogyakarta, untuk kembali menempa keris. Ki Yoso sempat bingung lantaran ayahnya, empu keris Ki Supowinangun yang sudah mendahuluinya, tidak sempat mewariskan pengetahuan turun-temurun itu kepadanya. (Supowinangun adalah turunan dari empu-empu Majapahit).
Dietrich Drescher membangun besalen di Desa Jitar untuk Ki Yosopangarso, dibantu adik-adik Ki Yoso, yakni Genyodiharjo, Wignyosukoyo, dan Djenoharumbrojo. Kembalinya Ki Yoso menjadi pembuat keris dipandang sebagai tonggak baru dalam sejarah perkerisan Indonesia, khususnya di Jawa.
Apalagi, ternyata Dietrich Drescher yang bulan Juli 2007 lalu mampir ke Jakarta ini juga membangkitkan keturunan "pande" (pembuat keris) di Bali, seperti yang dia lakukan atas diri Ktut Mudra di Klungkung. Setelah ayahnya dibiayai Dietrich Drescher, Ktut Mudra pun meninggalkan profesinya sebagai ahli perhiasan emas, dan beralih menjadi pembuat keris seperti dulu ayahnya.
Dietrich Drescher juga membimbing dan mengarahkan empu otodidak, Pauzan Pusposukadgo, dalam hal metode pembuatan pamor baru (pamor poleng wengkon, salah satunya), dengan desain-desainnya. Belakangan ini juga melakukan serangkaian eksperimen menyangkut pasir besi dari berbagai lokasi di pantai selatan Jawa, yang diduga dulu menjadi salah satu sumber logam untuk pembikinan keris-keris Jawa.
"Pasir-pasir penelitian dikumpulkan dari Cilacap, Kutoarjo, dan tempat lain, serta diolah di besalen saya untuk dijadikan lempeng logam penelitian," kata Empu Subandi, yang ditemui di besalennya, di Palur, Solo, Rabu awal Agustus 2008. Dietrich Drescher mengumpulkan pasir-pasir laut selatan dengan mempergunakan magnet, lalu pasir-pasir besi itu dilebur di tungku besalen Subandi. Jadilah lempeng-lempeng logam-yang di antaranya sudah ada yang dimanfaatkan untuk pembuatan bahan pamor keris. Sebuah eksperimen yang tentunya berguna untuk pengembangan pengetahuan keris di Jawa pada masa mendatang.
Dietrich Drescher sendiri, di Jerman, mendorong seorang akademisi yang juga kurator museum, Achim Weihrauch, untuk menyusun disertasi akademis tentang keris. Dalam suatu kesempatan kedatangannya ke Jakarta beberapa tahun silam, Achim bahkan mengungkapkan niatnya untuk membuat katalog keris-keris Indonesia yang disimpan di berbagai museum dunia..
Nah, budaya keris yang sempat mati suri ini hidup lagi.
(Jimmy S Harianto, atau Ganjawulung adalah wartawan Kompas)
Komentar